10 Tips Mengembalikan Mood saat Menulis

10 Tips Mengembalikan Mood saat Menulis

Desember 18, 2018 0 By emrizal

10 tips mengembalikan mood yang hilang saat menulis artikel akan emrizal bagikan pada kesempatan kali ini. Tapi sebelum sampai pada pokok pembahasan untuk mengembalikan dan menambah semangat Anda, silahkan baca tentang 8 tips motivasi diri untuk kehidupan lebih baik . Selanjutnya mari kita ketahui tips-tipsnya soal mengatasi kehilangan “mood” saat menulis ataupun juga dapat diterpakan pada kondisi aktivitas lainnya.

 

Tips mengembalikan mood.

tips mengembalikan mood

Kehilangan mood saat melakukan aktivitas apapun pasti pernah sesekali kita alami. Entah itu saat bekerja, kehilangan mood saat menulis artikel, kehilangan mood saat bepergian, atau bahkan dalam hal yang sepele saja bisa tiba-tiba mood kita hilang. Sebut saja misalnya saat membalas chat atau saat sedang chattingan dengan seseorang. Namun disini saya hanya akan membahas tips mengembalikan mood saat menulis. Baik itu menulis artikel, biografi, jurnal, diary, deskripsi produk, konten, cerpen, naskah, dan sebagainya apapun itu yang intinya mengembalikan mood saat kegiatan tulis-menulis.

Yang saya bagikan disini merupakan pengalaman dari diri saya sendiri yang beberapa kali sempat mengalami kejadian kehilangan mood saat menulis artikel. Langsung saja berikut tips-tips sederhana untuk mengembalikan mood yang hilang saat menulis.

 

10 Tips Mengembalikan Mood saat Menulis

 

1. Istirahat sejenak.

10 tips mengembalikan mood yang pertama yaitu dengan istirahat sejenak. Bagi saya sendiri tips jitu untuk memulihkan semangat adalah dengan istirahat sejenak. Istirahat dalam melakukan kegiatan tulis menulis. Terus bagaimana jika kita dikejar deadline? Jika timbul pertanyaan-pertanyaan demikian,tentu jawabannyapun akan sangat beragam. Jika ada yang dari Anda merupakan seorang penulis berita yang harus selalu update setiap detik,maka ada saat-saat tersendiri untuk beristirahat bukan. Dan namun tetap saja Anda masih bisa menyempatkan waktu paling tidak 1-3 menit untuk relaksasi atau streaching-streaching ringan di tempat duduk Anda.

 

2. Pikirkan hal lain yang menyenangkan.

Anda dapat memikirkan hal-hal menyenangkan yang mungkin Anda akan peroleh jika mampu merampungkan tulisan Anda. Dengan begitu secara tidak sadar rasa semangat akan tumbuh lagi sehingga mampu mengatasi mood Anda yang hilang. Atau kita bisa memikirkan untuk mengambil cuti setelah menyelesaikan artikel kita.

 

3. Selingi aktivitas lain.

Yang tak kalah penting lagi yaitu dengan melakukan aktivitas lain. Misalnya kita bisa membaca referensi lain, bisa cuci muka atau mandi (bila memungkinkan), ngemil sambil istirahat sejenak. Setelah kurang lebih 5 menit maka coba kembali untuk meneruskan artikel atau tulisan Anda. Disini bisa saya sebut refresh.

 

4. Pindah tempat atau posisi.

Dengan memindah posisi Anda dapat mengembalikan mood yang hilang. Percaya atau tidak sebenarnya secara tidak sadar terkadang yang membuat mood kita hilang yaitu rasa jenuh. Rasa jenuh dapat menghampiri siapa saja dan kapan saja sekalipun itu menyangkut hobi kita. Serta jenuh itu berasal dari kegiatan yang terulang secara berkala dan dalam tempat yang sama. Kita tidak mungkin “menghilangkan” kegiatan kita untuk mengurangi rasa jenuh itu,sebab beberapa dari kita pasti ada yang menjadikan hobi sebagai pekerjaan utama. Maka dari itu jika kita tidak bisa menghilangkan aktivitasnya,maka coba dengan merubah posisi saja. Misalkan Anda seorang penulis lepas yang bisa dikerjakan dimanapun,Anda bisa pindah posisi guna mendapatkan spot area yang nyaman saat menulis. Bisa di teras rumah ataupun di balkon jika ada. Intinya cari tempat yang sekiranya bisa mengembalikan mood Anda

 

5. Pilih zona nyaman.

Jika tips mengembalikan mood saat menulis nomor 4 diatas adalah pindah posisi,pada tips nomor 5 ini saya anjurkan ketika hendak menulis.Artinya sebelum menulis Anda harus pintar-pintar memilih zona atau tempat yang nyaman.Kadang hal ini sangat perlu diperhatikan.Sebab bagi penulis lepas biasanya harus memilih tempat-tempat yang selain nyaman juga harus tenang dan aman dari “gangguan” tak disangka.

Bagi Anda yang sudah menjadi penulis profesional mungkin ini tidak berlaku atau bahkan semua tips disini dapat disanggah semuanya. Namun ada sedikit yang saya ketahui bahwa setiap penulis memiliki passion yang berbeda-beda. Dan saya yakin bahwa setiap penulis memiliki zona masing-masing. Serta ingat pula bahwa yang saya bagikan disini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Yang artinya saya memiliki zona nyaman tersendiri,dan Anda harus menemukan itu sendiri.

 

6. Pilih waktu yang tepat.

Sempat saya singgung pada poin 5 diatas mengenai “gangguan” yang tak disangka. Kadang seorang penulis lepas jika sudah didepan laptop/komputer atau kertas dan pulpen sudah tidak ingin diganggu. Bahkan tak ingin ada gangguan sekecil apapun,karena ingin tetap menjaga fokus satu topik yang akan dibahas/ditulis. Untuk itu “kalau saya biasanya bahkan hampir sering memilih waktu dini hari(malam hari)” untuk menuangkan ide-ide lewat sebuah tulisan. Jam malam pada umumnya adalah jam istirahat jadi suasana terasa sunyi,tenang dan hening,serta gangguan akan sangat berkurang.

Ingat! Dini hari itu hanya saya gunakan untuk menulis. Jadi sebelum-sebelumnya saya sudah memiliki kerangka tulisannya.Tinggal ditulis dan ditambahkan sedikit-sedikit yang kurang sambil merapikan sebelum dipublish/dicetak.

 

7. Dengarkan musik santai.

Tak kalah penting lainnya bagi saya pribadi adalah headshet. Alat bantu pendengar musik yang harus selalu terpasang pada kedua telinga saat mengetik/menulis. Sebab itu juga yang dapat membantu saya membuat rileks. Lagu-lagu santai favorit dengan volume sedikit lirih menjadi salah satu tips jitu saya untuk menjaga mood dan fokus saya.

Saya sarankan pilih musik yang santai atau yang easy listening dan jangan terlalu keras volume musiknya,itu bisa mengganggu fokus Anda.

 

8. Cari makanan kesukaan.

Jika saat Anda menulis tiba-tiba ditengah jalan mood Anda hilang,coba atasi dengan mencari makanan atau snack kesukaan Anda. Dengan diselingi ngemil mungkin itu dapat membantu mengembalikan mood Anda saat menulis.

 

9. Bikin minuman kesukaan.

Jika diatas ada tips mengembalikan mood dengan makanan,selanjutnya juga coba dengan minuman. Jika Anda pecinta kopi,maka usahakan ada kopi disamping Anda untuk menemani selama menulis.

 

10. Jadikan bahan tulisan atau artikel.

Ini adalah penjabaran dari peribahasa “Tak ada Rotan, Akarpun Jadi“. Contohnya adalah artikel yang Anda baca ini. Saya menulis artikel ini disaat saya kehilangan mood untuk topik yang akan saya ulas pada saat itu.Sehingga lahirlah artikel ini.

Maksudnya jika Anda ingin menulis dengan topik tertentu kemudian Anda kehilangan mood,Anda bias save sebagai draft untuk dilanjutkan di lain waktu (bagi penulis lepas),kemudian Anda bisa menulis dengan topik lain yang mungkin tiba-tiba muncul di benak Anda.

 

Itulah 10 tips mengembalikan mood yang hilang saat menulis yang dapat Anda coba terapkan disaat moodian itu melanda. Sekali lagi harap diingat,bahwa kesepuluh tips mengembalikan mood diatas adalah berdasarkan pengalaman saya pribadi. Semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat juga bagi Anda.

 

Jangan lupa share artikel ini agar dapat bermanfaat pula bagi orang lain. Indahnya jika kita bisa saling berbagi informasi untuk suatu kebaikan. Atau Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya mengenai:

5 tips sukses wawancara pekerjaan

5 cara menghasilkan uang dari internet dengan cepat

Salam sukses.