Tips Ikhlas dalam Menghadapi Segala Hal di Kehidupan

Tips Ikhlas dalam Menghadapi Segala Hal di Kehidupan

Agustus 2, 2018 1 By emrizal
Tips ikhlas

Tips ikhlas dalam menghadapi suatu hal di kehidupan nyata kita itu harus kita pelajari dan biasakan. Manusia dituntut untuk selalu belajar, tujuannya adalah untuk lebih baik dan lebih baik lagi. Untuk itu belajar sabar dan ikhlas merupakan yang tersulit, tapi jika kita sedikit mampu menguasainya percayalah kehidupan anda akan lebih berwarna. Karena segala sesuatu yang kita lihat di dunia sesungguhnya adalah semu,tiada kekal abadi.

Dalam konsep dasar yang harus dipahami saya kelompokan menjadi 3, dan ketiga-tiganya itu yang paling sulit dikerjakan. Apa ketiga hal tersebut? Ketiga hal itu yakni sabar, ikhlas, dan tawakal. Sedikit tambahan yaitu ikhtiar. Namun untuk ikhtiar akan saya bahas di paragraf akhir saja, supaya kita disamping menambah ilmu dari pembahasan ini juga agar terbiasa membudidayakan membaca (sampai selesai). Baik langsung saja akan sedikit saya bahas satu per satu ketiga hal tadi.

Sabar.

Sabar merupakan suatu ucapan dan tindakan yang harus sejalan dan harus selalu beriringan.  Sabar adalah ujian kita saat tertimpa musibah atau sesuatu yang tidak kita inginkan dan pula ujian saat kita mengharapkan sesuatu. Saya garis bawahi, dewasa ini hampir mayoritas orang menginginkan segala sesuatu yang instan. Sebenarnya berfikir demikian boleh-boleh saja asal jangan jatuhnya membuat diri kita sendiri malas dan agak tledor. Jadi tingkat kesabaran ini diuji saat suatu kejadian sudah terjadi dan bisa juga sebelum terjadi.  Tips sabar dalam kehidupan adalah berusaha senantiasa dekat denganNya. Dengan begitu kita akan selalu terjaga dengan yang namanya emosi. Sehingga membuat kita lebih sabar dan bijak dalam menyikapi suatu hal. Ada kalimat bijak yang bagus untuk jadi nasihat dan coba pahami benar maknanya,

Sabar sebagaian dari kedamaiandan ketenangan.”

Ikhlas.

Tiba sampainya kita kepada ikhlas. Ikhlas menurut saya sendiri adalah puncak dari pembahasan kita kali ini. Mugkin puncaknya dari hal-hal ini adalah tawakal, namun bagi saya ikhlas itu harus diaplikasikan dimana saja dan pada hal apa saja. Ikhlas itu bisa bergandengan dengan sabar, dapat juga dengan ikhtiar, serta beriringan dengan tawakal. Ikhlas berasal dari hati yang paling dalam. Jika anda menginginkan sesuatu namun tak kesampaian maka bersabarlah, jika anda mempunyai wanita pujaan, namun ternyata ia sudah menikah, ikhlaskanlah. Demikian adalah contoh-contoh kecil yang sering terjadi pada kehidupan.

Untuk itu saya berikan sedikit tips ikhlas dalam kehidupan yang bukan dimaksudkan untuk menggurui, melainkan saya hanya menyampaikan apa yang saya tahu sebagai pembelajaran kita bersama.

Tips Ikhlas dalam Menghadapi Segala Hal

1.Mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.
Tips ikhlas dalam menhadapi segala hal yang paling utama yaitu dengan mendekatkan dii kepada Allah SWT. Jika kita sudah bisa lebih dekat,lebih ingat dan lebih mengenalNya, kita bisa menjalani tips-tips ikhlas pada step selanjutnya. Jadi nomor pertama ini ialah kuncinya. Keuntungan lainnya kita juga mampu meredam emosi karena senantiasa selalu mengingat diri kita ini siapa dan selalu merendah diri.

2.Selalu Bersyukur.
Percayalah dengan selalu bersyukur sesungguhnya rezeki kita selalu dilimpahkan tanpa sepengetahuan dan kesadaran kita. Kita sebagai manusia terbiasa sadar saat keadaan sudah tak menguntungkan kita atau dengan kata lain saat keadaan terjepit barulah kita “ngeh” dengan yang kita miliki. Saat manusia lagi bersuka,terkadang kita melupakan hal-hal kecil yang harus kita syukuri. Ingat! Bersuka maupun berduka itu adalah ujian. Karena sesungguhnya kita harus selalu bersyukur atas apapun dan dalam keadaan apapun. Dengan bersyukur kita akan selalu ingat atas rezeki apa yang sudah kita miliki.

Sering saya katakan berulang-ulang bahwa perencanaan dan target itu perlu untuk menentukan masa depan, namun lebih bermanfaat lagi jika kita selalu bersyukur. Itu juga dapat menghindarkan diri dari sifat tamak dan kikir serta bisa menambah motivasi untuk kehidupan masa depan. Mari kita tanamkan mindset ini,Sedikit-Banyak disyukuri

  • Baik-Buruk disyukuri
  • Suka-Duka disyukuri
  • Syukuri apa saja

Kita patut bersyukur atas nafas dan kehidupan ini. Jika kita sudah memiliki tingkat rasa syukur yang tinggi, maka sudah mendekati tingkat ikhlas lahir batin. Seperti kalimat Jawa bijak yang dikutip dari Rizal Amo Elsheyi,

Sak tenang-tenange urip ing donya yaiku wong kang gedhe syukure lan kuznudzon.

Dalam arti bahasa Indonesianya. “Sejatinya orang yang paling tenang adalah orang yang besar rasa syukurnya dan yang berbaik sangka (positive tinking)”.


3.“Nyari Puntung Rokok.”

Tips ikhlas selanjutnya belajar dari filosofi “nyari putung rokok”. Yang namanya nyari puntung rokok tidak ada yang diatas, pasti dibawah. Meskipun ada anak muda yang biasanya iseng membuang puntung rokok di genteng, namun tak banyak juga sih. Sampai disini paham maksud saya? Baik, saya jelaskan sedikit umumnya nyari puntung rokok itu di tempat umum, dijalan-jalan, di tanah, yang kesemuanya itu dibawah. Jika letaknya dibawah berarti cara mencarinya dengan “menunduk.” Jadi filosofi saya tersebut dapat diartikan bahwa,” jangan selalu mengadah keatas, sesekali menunduklah.

Ayolah! Mari kita lihat sisi kehidupan yang lebih luas, jangan hanya memandang dari sudut lingkungan kerja anda, lingkungan tempat anda, lingkungan keluarga, ada satu sisi yang dapat membuat kita sangat bersyukur degan keadaan kita saat ini. Saat sifat kemanusiawian(rasa kurang puas) kita muncul, menunduklah bahwa masih  ada yang lebih kurang dari kita, masih ada yang lebih menderita dari kita, masih ada yang lebih sengsara dari kita. Sebaliknyapun demikian, saat kita sudah merasa sedikit dihinggapi  sombong, berfikirlah diatas langit masih ada langit. Tips dengan filosofi ini juga mampu mengendalikan kesombongan. Belajar juga dari alam sang guru terbaik bagi kehidupan.

Hidup itu jangan selalu ingin yang enak-enak dan terlalu bernafsu ingin memiliki sesuatu dengan sifat masih kurang dan menjadikan kita kurang bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki. Itu hal yang wajar bagi manusia.Namun sebagai manusia tak ada salahnya berusaha to….?!

4.Positive Thinking.

Selanjutnya usahakan untuk selalu berfikir positif mengenai segala hal. Positive thinking menghadapi segala hal juga termasuk tips ikhlas yang ampuh. Jadi apapun yang anda anggap lose, positive thinking akan ada gantinya yang terbaik di saat keadaan yang paling baik pula bagi anda kelak. Percayalah semua sudah dipersiapkan bagi kita dan sudah diatur yang terbaik. Kita manusia bisa apa untuk mengatur kehidupan dan keadaan? Kita itu hanya bisa merencanakan dan mengupayakan, namun apa kita tahu jika rencana dan upaya kita itu akan memberikan hasil yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, orang lain, lingkungan dan kehidupan? Terkadang hasil mungkin tak sesuai dengan apa yang kita rencanakan dan yang kita upayakan. Untuk itu sifat ikhlas harus ditancapkan dalam-dalam ke lubuk jiwa kita agar mampu meghadapi segala sesuatu dengan ketenangan serta kebesaran hati.

5.Nikmati Hidup.

Tips ikhlas kelima kali ini yaitu dengan menikmati hidup. Saya pernah denger perkataan seseorang dalam kalimat Jawa yang saya pikir maknanya sangat dalam dan harus dimaknai dari segala sisi, “Urip iku mung sepisan kok awakmu ndk iso nikmati uripmu.” Bahasa Indonesianya , “hidup itu Cuma sekali kok kamu tidak bisa menikmati hidupmu”. Coba sebelum anda melanjutkan membaca resapi benar-benar kalimat tadi. Jika sudah sedikit mengena silahkan lanjutkan membaca.

Jadi hati-hati juga dengan nafsu dan segala keinginan kita terlebih lagi dengan sifat kurang puasnya manusia. Itu  bisa mengalihkan pandangan kita terhadap sebenarnya kehidupan yang menjadikan siapapun tidak bisa “menikmati hidupnya”. Sambil berjalan dan “mengembara” di dunia ini mari kita nikmati kehidupan kita sekarang. Jangan biarkan mengeluh menutupi rasa syukur, itu tak sebanding.

Tawakal.

Puncak dari hal yang kita bahas saat ini yaitu tawakal. Jika kita sudah sampai tahap ini,seharusnya kita sudah siap untuk sabar, ikhlas dan benar-benar pasrah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekali lagi ingat! Siapapun yang sudah sampai tahap ini adalah mereka yang mayoritas sudah mengerjakan semua hal. Yang berarti orang itu sudah berikhtiar dan berusaha keras. Terkadang keadaan jaman now ini, saya perhatikan dan lebih pelajari beberapa orang cenderung menganggap orang yang bertawakal sedikit kurang usahanya. Jangan salah proyeksi, meskipun sudah bertawakal biasanya orang itu masih berusaha. Jadi ikhtiar dan tawakal itu terkadang bisa berjalan seiringan dan senada. Ingat juga sifat kemanusiawian diatas, dan itu berlaku juga untuk suatu usaha dan upaya (ikhtiar).

Itulah tips ikhlas dalam menghadapi segala hal yang semoga dapat menjadi pembelajaran kita bersama untuk kehidupan lebih baik. Baca kembali dan ulangi lagi untuk meresapi artikel pembahasan ini karena semua yang saya tulis dari awal hingga akhir adalah saling berkaitan. Semoga kita dapat memahaminya bersama dan menerapkan pada kehidupan kita masing-masing.

Seperti yang saya katakan di awal, sedikit pembahasan mengenai ikhtiar untuk menutup pembahsan kali ini.

 Ikhtiar.

Ikhtiar merupakan usaha dan upaya anda melakukan segala hal yang anda anggap baik dengan tetap di jalan baik pula. Jadi ini sangat berhubungan dengan keikhlasan yang mendalam. Terlebih lagi ikhtiar mencakup semua pemenuhan kebutuhan hidup baik material, spiritual, kesehatan dan masa depan. Namun dalam berikhtiar harus,harus, dan harus diimbangi dengan ikhlas dan tawakal. Sebab ada yang menentukan segala ikhtiar kita. Terkadang hasil yang kita terima tidak sama dengan ikhtiar kita. Itu adalah menurut kita sebagai manusia, ada kebaikan dibaliknya. Hanya Allah yang Maha Mengetahui. Mengutip dari kalimat penuh makna, “Sepira gedhene sengsara yen tinampa amung dadi coba.”
Semoga kehidupan kita bisa lebih baik lagi. Amin. 
“Percayalah semua akan indah pada waktunya.”

Demikianlah sinau bareng kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa follow emrizal.com untuk mengetahui tips dan informasi lainnya.

Semoga kehidupan kita bisa lebih baik lagi. Amin.

Salam sukses.