Breaking News!Gempa Lombok 7 SR dan Jumlah Korban Terkini

Breaking News!Gempa Lombok 7 SR dan Jumlah Korban Terkini

Agustus 5, 2018 0 By emrizal

Breaking News!Gempa Lombok 7 SR dan Jumlah Korban Terkini-Telah terjadi musibah di Indonesia Minggu (05/08/2018) tepatnya pukul 18.46 kemarin malam terjadi gempa bumi di Lombok dengan kekuatan 7 SR pada kedalaman 15 km. Dengan kekuatan gempa sebesar itu langsung diberitahukan bahwa berpotensi tsunami. Warga sekitar dihimbau untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. Gempa bumi Lombok tersebut dirasakan hingga Pulau Sumbawa, Pulau Bali, Banyuwangi dan daerah Jawa Timur hingga di Surabaya. Untuk di Surabaya dirasakan dampak gempa yang sedikit kencang.

Sempat dilaporkan dari pusat BMKG bahwa setelah gempa Lombok sudah ada tsunami ke daratan dengan tinggi 10 cm – 13 cm dengan diperkirakan ketinggian maksimum 0,5 meter. Di kota Surabaya sendiri yang kebetulan kemarin malam saat terjadinya gempa Lombok saya berada di daerah Surabayapun juga merasakan gempa tersebut. Beberapa orang yang tinggal di salah satu hotel ternama di Surabayapun juga segera berhamburan keluar menyelamatkan diri turun ke lantai bawah lalu keluar hotel.

Gempa Lombok 7 SR dan Jumlah Korban Terkini

Breaking new! Dikabarkan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam laporannya pada Senin pagi (06/08/2018), jumlah korban terbanyak berasal dari Lombok Utara. Jumlah korban meninggal dunia gempa bumi di pulau Lombok, NTB saat ini mencapai 82 orang dan ratusan lainnya luka-luka. Kebanyakan dari korban yang terluka adalah luka bagian kepala dan patah tulang.

Update terbaru: Korban meninggal 91 orang dan 209 orang luka-luka, menurut BNPB.

Menurut Agus Hendra Sanjaya, Humas Basarnas Mataram mengatakan korban terbanyak dari Lombok Utara. Untuk korban lainnya tersebar dari Lombok Barat dan kota Mataram. Namun data korban diatas hanya bersifat sementara. Sebab saat ini tim Rescue masih berjuang menyelamatkan semua warga di Pulau Lombok.

Kondisi para korban saat ini sudah mendapatkan pertolongan medis dan para warga dihimbau untuk tetap di posisi tempat yang aman yang telah ditentukan seperti tempat-tempat yang terbuka. Dimohon untuk tidak terburu-buru kembali ke rumah mengingat gempa susulan yang telah tercatat sebanyak 14 kali. Jadi untuk mengantisipasi gempa susulan para warga dihimbau untuk berada di tempat yang terbuka.

Semoga para korban diberikan ketabahan atas musibah gempa lombok ini, dan semoga tidak ada gempa susulan atau musibah lainnya. Semoga negara kita Indonesia dilindugi dari segala mara bahaya dan bencana. amin.

Baca juga: 6 Konser Musik Penonton Terbanyak di Dunia

Demikianlah breaking news yang dapat saya sampaikan saat ini, ikuti terus perkembangan beritanya terkait gempa lombok 7 SR dan jumlah korban terkini.