Gerhana Bulan 28 Juli 2018 Fenomena Alam Tadi Malam

Gerhana Bulan 28 Juli 2018 Fenomena Alam Tadi Malam

Juli 27, 2018 3 By emrizal
Gerhana bulan 2018
Gerhana bulan merupakan fenomenal alam yang sangat jarang terjadi. Fenomena gerhana bulan terjadi hari ini tanggal 28 Juli 2018. Sebelumnya pihak masyarakat khusunya Indonesia sudah banyak yang diberitahu sebelumnya akan fenomena gerhana bulan ini akan terjadi. Sehingga masyarakat di beberapa daerah banyak yang dengan sengaja memantau secara langsung gerhana bulan tanda kebesaran Tuhan ini.
Tepat saat ini, gerhana bulan sedang berlangsung. Adapun berita yang sempat saya peroleh dari beberapa sumber jadwal terjadinya hampir sama. Berikut jadwal gerhana bulan secara terperinci.

Gerhana Bulan 28 Juli 2018

Gerhana bulan tanggal 28 Juli 2018 dimulai sekitar pukul 01.24 WIB , gerhana bulan mulai total pukul 02.30 WIB, dengan puncak gerhana 03.21 WIB. Gerhana bulan ini mengalami akhir total pukul 04.13 WIB dan akhir gerhana bulan sekitar pukul 05.19 WIB. Insyaallah demikian.
Saat ini banyak orang diberbagai daerah yang sedang memantau terjadinya fenomena gerhana bulan. Ada yang menginformasikan bahwa di beberapa tempat tidak dapat melihat secara langsung karena tertutup mendhung tebal. Di beberapa titik lain ada yang terlihat sedikit lebih jelas proses terjadinya fenomena kebesaran Allah ini.
Di channel-channel youtube pun banyak yang menyiarkan secara langsung terjadinya gerhana bulan ini.
Mengumandangkan Takbir.
Di beberapa daerah saya mendapatkan info bahwa ada yang berkumpul di masjid guna mengumandangkan takbir saat terjadinya gerhana bulan.
Setelah pukul 03.30 WIB jamaah melangsungkan shalat gerhana bulan kemudian dilanjutkan dengan khutbah dan bersodaqoh.
Shalat Khusuf.
Bagi beberapa orang khususnya orang beragama muslim disunahkan untuk shalat sunnah gerhana bulan atau disebut shalat khusuf. Biasanya shalat sunnah gerhana bulan ini dilakukan saat puncak gerhana bulan, yang kemungkinan terjadi puncak gerhana bulan sekitar pukul 03.21 WIB. 
Fenomena gerhana bulan ini mengingatkan setiap manusia bahwasannya harus selalu ingat asal manusia darimana dan supaya selalu iman terhadap kebesaran Allah SWT. Semoga kita senantiasa dijadikan orang-orang yang selalu dalam perlindunganNya. Amin