9 Momen Bersejarah Piala Dunia Perancis 1998

Juli 3, 2018 1 By emrizal
 

9 momen bersejarah Piala Dunia Perancis 1998.Piala Dunia 1998 yang diselenggarakan di Perancis mungkin menjadi salah satu momen paling bersejarah pada perhelatan akbar sepak bola “Piala Dunia”. Banyak momen bersejarah yang terjadi selama Piala Dunia di Perancis 1998 itu bergulir. Pasalnya beberapa momen pada setiap pertandingan yang berlangsung menjadi bersejarah bahkan ada yang tak terlupakan saat ini.

Piala Dunia 1998 juga merupakan awal kejayaan tim tuan rumah ,Perancis di ajang sepak bola 4 tahunan itu. Meski sempat diragukan atas permainan timnas Perancis di Piala Dunia 1998 tersebut, namun tim yang berjuluk “Les Blues” itu dapat membungkam semua kritikan yang ada dengan menyumbangkan trofi turnamen sepak bola bergengsi ,Piala Dunia. Tak hanya itu, timnas Perancis bukannya mendapat gelar juara dengan mudah, malah hampir di setiap laganya melakoni pertandingan yang dramatis. Sampai akhirnya dapat menjuarai Piala Dunia 1998 di negaranya sendiri. Sungguh merupakan suatu pencapaian yang luar biasa bukan?
Entah kebetulan atau tidak pada Piala Dunia 1998 di Perancis, bisa dikatakan banyak momen yang tersaji di lapangan dan bahkan mungkin masih dikenang hingga kini. Anda mungkin masih ingat dengan gol-gol Ronaldo, Zidane, atau gol penentu Bergkham. Berikut beberapa momen bersejarah di Piala Dunia 1998.

 

9 Momen Bersejarah Piala Dunia Perancis 1998.

 

1. Gelar Pertama Perancis.

Piala Dunia yang diselenggarakan di negara sendiri tahun 1998 meeupakan sebuah tonggak sejarah Perancis untuk generasi kedepannya semakin jaya. Piala Dunia 1998 adalah momen bersejarah bagi publik Perancis yang tak akan pernah terlupakan. Dimana mereka mampu menjuarai turnamen akbar Piala Dunia yang diselenggarakan di negaranya sendiri. Piala Dunia 1998 juga merupakan gelar pertama Perancis untuk trofi Piala Dunia.

2. Lagu Piala Dunia 1998.

Momen bersejarah Piala Dunia 1998 juga tak lepas dari “theme song” di Piala Dunia itu. Lagu yang ditunjuk sebagai official Piala Dunia 1998 ialah “La Copa De La vida” dari Ricky Martin. Lagu itu berhasil membawa atmosfir tersendiri di Piala Dunia 1998 dan menjadi khas serta momen bersejarah yang masih dikenang hingga saat ini.

3. Kartu Merah David Beckham.

Kartu merah memang menjadi suatu hal yang wajar dalam permainan sepak bola. Pertandingan yang keras menjurus pelanggaran-pelanggaran kasar ganjarannya ialah kartu merah. Namun kali ini kartu merah sedikit berbeda ,bahkan menjadi momen bersejarah yang mudah diingat. Aktornya ialah Beckham dan Simeone. Akan mennadi hal biasa bila terjadi pada pemain biasa, namun ini terjadi pada pemain mega bintang Inggris, David Beckham dengan pemain bintang Argentina lainnya Diego Simeone. Kala itu pertandingan Inggris melawan Argentina berlangsung sangat seru. Skor masih imbang 2-2 hingga momen bersejarah itu terjadi. Di tengah pertandingan kala hendak berebut bola tanpa sengaja Beckham bertubrukan dengan Simeone hingga keduanya terjatuh. Saat Simeone akan berdiri kembali, Entah mengapa kaki Beckham sedikit “jail” dengan menedang kaki Simeone. Kejadian tersebut diketahui oleh wasit sehingga Beckham pun langsung dihadiahi kartu merah. Alhasil Beckham harus keluar lapangan lebih cepat. Banyak yang mengkaitkan kekalahan Inggris disebabkan kejadian teraebut. Akibat kejadian itu, beberapa media di Inggris ada yang mengeluarkan judul ” 10 Macan Heroik dan 1 Orang Anak Bodoh “.

4. Keberagaman Pemain Perancis.

Pada Piala Dunia 1998 tercipta juga momen bersejarah si kubu timnas Perancis sendiri. Dimana saat itu Perancis di huni oleh beberapa pemain hebat dari berbagai budaya. Sangat menjadi hal positif bagi tim dan sebagai tim hang dikenal dengan multibudaya.
Dan itu dibuktikan oleh pencapaian tim ayam jantan di Piala Dunia 1998.

 

Baca juga: 8 Transfer Pemain Bola Resmi 2018

 

5. Ronaldo “Brazil” Kejang.

Masih menyisakan suatu misteri pada laga final Piala Dunia 1998. Tepatnya beberapa jam sebelum kick off final itu dimulai saat striker bersejarah Brazil, Ronaldo mengalami kejang-kejang. Seperti yang telah tersiar berbagai kabar bahwa Ronaldo sempat mengalami kejadian demikian hinhga di larikan ke rumah sakit setempat. Bahkan nama Ronaldopun sudah tidak di cantumkan pada daftar squad Brazil melawan Perancis di final Piala Dunia 1998 itu. Walaupun akhirnya Ronaldo tetap bisa dimainkan di laga final tersebut. Saat menjalani beberapa pemeriksaan oleh medis, striker andalan tim samba itu dinyatakan bisa bermain di final melawan Perancis. Namun saat pertandingan dimulai dan Ronaldo sudah di masukkan, entah mengapa Ronaldo bermain tidak segemilang biasanya. Giringan-giringan lincah pun tak ditunjukkan pada laga itu hingga akhirnya Brazil kalah 3-0 dari Perancis. Sempat terdengar kabar pula bahwa rentetan kejadian ini bahkan sampai di meja hijau untuk di telusuri “kejadian janggal” sebelum final yang menimpa Ronaldo itu sesudah pagelaran Piala Dunia 1998 usai.

 

6. 2 Gol Zidane.

Masyarakat Perancis mungkin akan selalu ingat dan dikenang saat momen 12 Juli 1998 yang merupakan momen bersejarah bagi Perancis di Piala Dunia 1998. Tanggal 12 Juli 1998 adalah momen dimana sejarah tercipta yakni gelar pertama timnas Perancis pada Piala Dunia. Dan khususnya bagi “Zizou” akan selalu abadi dalam ingatannya. Di final Piala Dunia 1998 antara Perancis melawan Brazil, Perancis berhasil mengalahkan tim samba dengan skor 3-0. 2 gol diantaranya diciptakan oleh Zidane.Satu gol lainnya di lesatkan oleh Petit. Tanggal 12 Juli menjadi salah satu dari 9 momen bersejarah Piala Dunia Perancis 1998 khususnya bagi Zinedine Zidane.

7. Semifinal Dramatis.

Lagi momen bersejarah lainnya saat semifinal Piala Dunia 1998 yang mempertemukan tuan rumah Perancis kontra Kroasia. Yang membuat dramatis dan bersejarah ialah momen semifinal itu. Sebagai tim tuan rumah, tim “ayam jantan” sempat mendapat berbagai kritikan pedas yang hanya menang 1-0 atas pertandingan sebelumnya melawan Paraguay. Sempat mendapat ketidak percayaan atas tim ayam jantan. Namun semua itu di tepis timnas Perancis sendiri dengan menyumbangkan trofi Piala Dunia bagi masyarakat Perancis.

8. Legenda Perancis Tercipta.

Pada Piala Dunia 1998 memang sedikit menjadi Piala Dunia yang memorable. Banyak momen – momen yang tercipta selama perhelatan Piala Dunia kala itu. Sampai akhirnya Perancis juga mencantumkan nama Zinadine Zidane sebagai salah satu legenda Perancis. Dikabarkan saat final Piala Dunia 1998 melawan Brazil Ziou mencetak 2 gol dan mengantarkan Perancis menjuarai turnamen sepak bola 4 tahunan itu. Sepasang 2 gol Zidane merupakan gol pertamanya di Piala Dunia itu.

9. Gol Dennis Bergkham.

Pemain striker mencetak gol memang menjadi suatu hal yang wajar,namun untuk gol yang satu ini terbilang sangat bersejarah. Sebab terciptanya gol ini memang sangat dramatis. Aktornya ialah Dennis Bergkham,striker andalan timnas Belanda. Pada perempat final Piala Dunia 1998 yang mempertandingkan Belanda melawan Argentina. Pertandingan waktu itu berjalan cukup sengit dan seimbang. Bahkan hampir sudah bisa ditebak bahwa pertandingan tersebut akan dilanjutkan di babak perpanjangan waktu 2×15 menit. Namun publik Argentina terdiam saat gol Dennis Bergkham di menit 89′. Gol di menit akhir, gol yang cantik dan momen di Piala Dunia mengantarkan nama Dennis Bergkham di hati pecinta timnas Oranye sebagai pahlawan pada laga itu. Bahkan gol itu menjadi salah satu gol terbaik di Piala Dunia 1998.
Demikianlah 9 momen bersejarah di Piala Dunia Perancis 1998. Ikuti perkembangan seputar Piala Dunia: