6 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

6 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Juli 26, 2018 3 By emrizal

6 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa.

Film perang terbaik sepanjang masa akan menjadi pembahasan pokok pada kesempatan kali ini.Saya akan membuatkan daftarnya untuk referensi bagi anda yang mungkin bingung mau nonton film apa.Untuk selengkapnya bila anda ingin menonton film, anda dapat mencari sumber referensi lengkap seperti yang dilansir oleh emrizal.

Film perang adalah salah satu genre film yang sangat banyak peminatnya.Faktanya film perang bukan hanya menampilkan adegan-adegan “brutal” saja.Namun secara keseluruhan aspek film tentang perang mempunyai kesan tersendiri.Memang sedikit banyak Film perang terbaik sepanjang masaakan menampilkan adegan-adegan yang bisa dibilang “mencekam” bagi yang menontonnya. Tapi dibalik itu tersimpan kesan dan makna mendalam jika ditonton secara lebih detail.
Film perang terbaik biasanya tidak hanya mengandalkan teknologi canggih audio dan visual ataupun pemain dan alur ceritanya saja.Melainkan keseluruhan yang tergolong pada film perang tersebut. Baik dari segi audio, visual, akting pemain, plot cerita hingga yang lebih mendalam lagi menyoal pesan moral sekaligus “emosi” yang terkandung di dalamnya. Berikut saya buatkan daftar film perang terbaik sepanjang masa yang harus anda tonton sendiri maupun bersama keluarga tercinta.

 

6 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

1. Band Of Brothers (2001).

 

Film perang terbaik di dunia pertama yaitu datang dari film serial Band Of Brothers. Film perang yang layak untuk anda tonton. Di kemas dalam serial tv dengan 10 episode yang setiap episodenya memiliki plot tersendiri namun masih saling berkaitan dalam tiap episodenya. Saya bukan pengamat film secara profesional, namun film perang ini pantas menduduki urutan pertama dari daftar film perang kali ini. Dari sekian film perang yang pernah saya tonton ini salah satu yang terbaik dan direkomendasikan untuk ditonton. Mungkin agak bersifat subjektif , tapi silahkan anda buktikan sendiri dengan menontonnya. Film Band Of Brothers ini di ulas secara mendalam dan lebih luas. Saking mendalamnya hingga ditunjukkan perasaan setiap dari prajurit perang. Membawa kita seolah merasakan menjadi prajurit perang ataupun penderitaan efek korban perang.
Band Of Brothers merupakan Film perang terbaik sepanjang masa yang menceritakan sejarah Perang Dunia 2 dan harus sedikit jeli saat menontonnya. Supaya tidak kehilangan benang merahnya saat menonton. Pengalaman saya pribadi saat menonton film perang ini harus saya ulang-ulangi demi mendapatkan makna dan kesan dari film serial ini. Terkadang film perang terbaik harus kita putar ulang untuk lebih mendalam memahaminya. Sebab film dikategorikan bagus biasanya memang demikian. Untuk mendapatkan pesan apa yang ingin disampaikan film tersebut kita harus mengulangnya demi mendapatkan makna dari film dan pelajaran yang dapat kita ambil. Seperti halnya pada film The Godfather yang termasuk deretan film terbaik.
 
Pelajaran moral dari Band Of Brothers:
    • “Kesetiakawanan kekal dalam kondisi apapun.”
    • “Pembelajaran untuk menjadi seorang pemimpin yang bijak.”
    • “Kawan atau lawan adalah sama, tergantung dari sudut mana memandangnya. Yang jelas perang hanya akan membawa “penderitaan” bagi yang menang ataupun yang kalah.”

 

2. Saving Private Ryan (1998).

 

Merupakan film perang yang memang sedikit terkenal dan populer saat ini. Tak hanya alur ceritanya yang menarik, film Saving Private Ryan juga dibintangi aktor papan atas, Tom Hanks. Saving Private Ryan juga termasuk film perang terbaik sepanjang masa. Banyak makna yang terkandung di dalamnya. Film perang yang berlatar Perang Dunia 2 ini juga dibintangi aktor terkenal lainnya yakni Matt Damon berperan sebagai prajurit Ryan. Film yang disutradarai oleh Stephen Spielberg ini menceritakan tentang misi pencarian seorang prajurit perang yaitu prajurit Ryan di tengah peperangan yang terjadi.Misi tersebut di komandani oleh kapten John H. Miller (Tom Hanks) dan memimpin teman-temannya mejalankan misi pencarian tersebut. Dalam film ini ada karakter yang sedikit menonjol dari karakter seorang prajurit sniper Jackson yang diperankan oleh Barry Pepper. Singkat ceritanya prajurit Ryan tersebut dicari keberadaannya untuk dipulangkan ke rumahnya (ibu) sebab ketiga saudaranya telah gugur di medan perang.

Pelajaran yang dapat diambil:

  • ” Dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan/tugas. “
  • ” Jangan pernah sekalipun putus harapan dalam kondisi apapun. “

3. Appocalypse Now (1979).

 

Film perang terbaik selanjutnya adalah Appocalypse Now. Film yang dirilis tahun 1979 ini disutradarai oleh Fransci Ford Coppola dan dibintangi oleh aktor kawakan hebat Marlon Brando. Pemain yang ikut didalamnya antara lain Robert Duvall, Martin Sheen, Frederich Forrest, Laurence Fishburne dan masih banyak lainnya. Film perang yang berlatar perang Vietnam menceritakan tentang misi pencarian dan pembunuhan Kolonel Kurtz (Marlon Brando). Pencarian itu ditugaskan kepada Kapten Benjamin L. Willard (Martin Sheen) dan pasukannya. Film ini terbilang sangat emosional yang mendalami sisi psikologis dari setiap prajurit setelah perang.Bahkan dalam film ini akan menampilkan sisi kelakuan yang bisa dibilang “gila” yang ditimbulkan dari efek perang.
Pelajaran yang dapat dipetik:
  • ” Efek perang tak hanya dirasakan yang menang atau yang kalah. “
  • ” Manusia sejatinya memiliki jiwa kemanusiaan yang dalam. “
  • ” Pikirkan matang-matang sebelum bertindak. “

4. Black Hawk Down (2001).

 

Black Hawk Down menjadi film perang terbaik berikutnya. Film ini mengisahkan tentang peperangan yang terjadi di Somalia. Menghadirkan pemain semisal Orlando Bloom, Josh Hartnett, Ewan McGregor, Eric Bana, Tom Sizemore, Tom Hardy dan masih banyak lagi. Dalam kisah ini juga digambarkan perjuangan prajurit melawan milisi penentang perdamaian. Juga ditunjukkan pula betapa sengsaranya akibat suatu perang.
Kesan tersirat:
  • ” Setia kawan merupakan kunci kekuatan. “
  • ” Perang hanya akan membawa kesengsaraan. “
  • ” Arti besar dari sebuah pekerjaan. “
  • ” Merubah sudut pandang kita,bahwa kita bukan satu-satunya orang yang paling sengsara di dunia. Masih ada yang lebih dari kita. ”

5. Schindler’s List (1993).

 

Film perang ini sedikit berbeda dari film perang lainnya, Schindler’s List. Dilihat dari judulnya mungkin sudah bisa ditebak. Memang pada film perang satu ini akan sedikit kita jumpai adegan baku tembak pada umumnya film perang.Schindler List lebih mengupas tentang sosial dan kemanusiaan. Menceritakan tentang sejarah daftar penyelamatan orang yahudi-Polandia oleh Oscar Schindler. Oscar Schindler adalah seorang pengusaha yang menyelamatkan lebih dari seribu orang yahudi pada masa Holocaust. Dengan mempekerjakan orang-orang tersebut di perusahaannya sehingga mereka tidak dikirim ke kamp-kamp konsentrasi.
Pesan yang dapat diambil:
  • ” Di lubuk hati manusia masih terdapat jiwa sosial yang besar. “
  • ” Memikirkan kepentingan orang lain jauh lebih mulia. “
  • ” Tolong menolong antar sesama manusia. “
  • ” Membantu tanpa pamrih. “
  • ” Kebaikan akan selalu dikenang. Ciptakanlah kebaikan. “

6. Hacksaw Ridge (2016)

 

Film perang terbaik di dunia terakhir ditempati film yang masih baru, Hacksaw Ridge yang dirilis tahun 2016 lalu. Disutradarai oleh Mel Gibson yang merupakan film perang biografi. Film perang yang satu ini juga berbeda dengan film-film perang pada umumnya. Film perang ini lebih menyorot kepada seorang figur atau karakter dalam cerita Hacksaw Ridge, yaitu Desmond Doss. Berkisah mengenai biografi Desmond Doss seorang prajurit medis Amerika Serikat pada Perang Dunia 2. Saat muda, Desmond Doss (Andrew garfield) hampir membunuh adiknya sendiri namun untungnya tidak jadi.Sejak kejadian tersebut Desmond Doss berkeyakinan tinggi untuk tidak melakukan pembunuhan kepada siapapun. Keyakinan tersebut dibawanya hingga memasuki Angkatan Darat ketika meletusnya Perang Dunia 2. Bahkan saat di medan perang , Desmond Doss seorang medis tempur menolak untuk menggunakan senjata dikarenakan dulu pernah nyaris menembak ayahnya sendiri saat ayahnya mabuk. Bersama rombongannya ditugaskan untuk memanjat dan mengamankan tebing. Pada serangan pertama pasukannya mengalami kekalahan yang mengakibatkan banyaknya jatuh korban. Singkat cerita Desmond Doss lah yang nantinya mengevakuasi dan menyelamatkan rekan-rekannya tanpa tersisa untuk mundur turun dari tebing. Tanpa menggunakan senjata dengan keyakinan dan tekatnya ia berhasil selamat dari perang itu bersama teman-temannya. Berkat jasanya di Hacksaw Ridge, Desmond Doss dianugerahi bintang kehormatan “Medal Of Honor” oleh presiden Harry S. Truman, presiden Amerika Serikat waktu itu.
Mungkin sekilas cerita ini adalah suatu fiksi. Ingat! Hacksaw Ridge merupakan film biografi.
Banyak Pelajaran disini:
  • Jangan memandang orang sebelah mata apalagi meremehkannya.
  • Orang yang berjiwa besar kadang datang dari sosok yang tak terduga.
  • Berjalan dengan keyakinan yang tinggi pasti akan mencapai suatu tujuan.
  • Kebesaran hati, pemurah, kesabaran dan pemaaf harus ditanamkan dalam diri.
  • Kesetiakawanan adalah bagian dari tujuan.
  • Perbuatan baik tidak memerlukan alasan.
  • Perbuatan mulia tak memandang siapa ia, sekalipun ia dulu merendahkan kita. Demikian jiwa besar.
  • Jaga dan pupuk tinggi sebuah harapan.
  • Pemahaman sesuatu hal yang berbeda bukanlah kesalahan. Itu prisnip.
  • Kekuatan utama seseorang bukan dilihat dari hebatnya senapan. Keteguhan dan keyakinan yang tinggi, itulah senapannya.
  • Prinsip hidup yang kuat.
  • Tentukan pilihanmu,jangan menoleh kebelakang. Perjuangkan sampai selesai.
*Tips: Tambahan sedikit untuk membantu anda lebih mudah menonton sebuah film. Jika sudah diulang namun masih bingung dalam memahami alur ceritanya, kenali dulu nama karakter dalam film tersebut. Kemudian profil setiap karakter lalu nikmati filmnya.
Itulah 6 film perang terbaik sepanjang masa yang dapat saya sampaikan. Ikuti terus perkembangan seputar dunia film disini.
Silahkan tambahkan film perang terbaik lainnya jika anda tahu di kolom komentar sebagai referensi bersama.Dan jangan lupa untuk menambahkan pelajaran yang dapat diambil lainnya dari film perang diatas sebagai pembelajaran bersama.
Selamat menonton.