6 Momen Tak Terlupakan Di Piala Dunia

Juni 22, 2018 1 By emrizal

6 Momen Yang Tak Terlupakan Di Piala Dunia.

 

6 Momen Yang Tak Terlupakan Di Piala Dunia. Perhelatan akbar sepak bola yang di ikuti seluruh negara di dunia yang telah lolos menjalani kualifikasi kini telah berlangsung. Dimana negara-negara yang bermain dalam ajang sepak bola 4 tahunan ini sudah bisa dipastikan merupakan tim-tim yang terbaik. Karena apa? Karena sebelum dapat bertanding pada Piala Dunia ini, tim-tim itu harus melakoni laga-laga kualifikasi dan harus memenuhi syarat dari federasi sepak bola FIFA.
Bicara mengenai Piala Dunia, tahukah anda negara mana yang menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama kali?
Sekedar mengingatkan kembali dan memberikan informasi bahwa negara yang menjadi tuan rumah pada Piala Dunia pertama adalah Uruguay pada tahun 1930. Dan disamping itu timnas Uruguay pun juga menjuarai turnamen Piala Dunia pertama. Sedangkan sampai saat ini , tim yang berpredikat gelar juara Piala Dunia terbanyak masih di pegang oleh timnas Brazil dengan perolehan 5 trofi. Kemudian disusul oleh timnas Italia 4 trofi dan Jerman juga dengan 4 trofi sebagai sang juara bertahan pada Piala Dunia 2018 kali ini.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018

Sejak digelarnya turnamen Piala Dunia pertama tahun 1930 itu, sempat tidak diadakan pada tahun 1942 dan 1946 yang saat itu bertepatan dengan terjadinya tragedi Perang Dunia 2. Lalu sesudah Perang Dunia 2 , Piala Dunia di gelar kembali di Brazil sebagai tuan rumah. Dan sampai saat ini berarti Piala Dunia sudah digelar sebanyak 21 kali. Tentu hal itu menyisakan suatu moment setiap perhelatan akbar sepak bola yang mugkin tidak bisa kita lupakan atau mungkin masih kita ingat sampai saat ini. Atau beberapa dari anda juga masih ingat tendangan mega bintang David Beckham ke pemain Argentina, Diego Semione yang akhirnya berbuntut tangan Tuhan Diego Maradona waktu itu. Hingga pernah ada pemain Brazil yang mampu mencetak gol tanpa memakai sepatu bola. Itulah sedikit moment-moment yang pernah terjadi pada Piala Dunia.
Berikut ulasan beberapa moment yang terjadi pada Piala Dunia dari dulu hingga Piala Dunia 2018 sekarang ini.

 

6 Momen Yang Tak Terlupakan Di Piala Dunia.

 

1. Brazil vs Swedia (Swedia 1958).

Momen Istimewa Sang Legenda Brazil, Pele.

sumber: libertaddigital.com

Mungkin bagi pecinta sepak bola sudah tidak asing lagi mendengar nama Pele. Pele merupakan pemain bola yang membela timnas Brazil dan sebagai legenda Brazil karena prestasinya yang bisa dibiliang luar biasa di ajang sepak bola terutama pada Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1958 yang diselenggarakan di Swedia adalah suatu pembuktian bagi sang legenda yang dipercaya oleh pelatih Brazil waktu itu untuk masuk squad tim inti Brazil setelah dua pertandingan sebelumnya sebagai pemain pengganti. Pele menjawabnya dengan meenyumbangkn gol-golnya serta membawa Brazil menjuarai Piala Dunia pertama kalinya kala itu. Gol solo run nya menjadi abadi sampai saat ini dan yang lebih mengesankan lagi yaitu  hampir di setiap pertandingan penting semisal semifinal dan final Pele mampu mecetak sebuah gol. Pernah juga mencetak hattrick di semifinal saat melawan Perancis.

2. Inggris vs Argentina (Perancis 1998).

Diusirnya David Beckham Dari Lapangan.

 

Pada Piala Dunia 1998 di Perancis terjadi drama di lapangan yang berbuntut “diusirnya” sang mega bintang Inggris David Beckham. Pertandingan Inggris melawan Argentina yang berlangsung dengan skor masih imbang 2-2 pada waktu itu harus diwarnai dengan insiden kartu merah David Beckham. Kartu merah tersebut tidaklah untuk pelanggaran profesional sepak bola, melainkan aksi sedikit “jail” dari Beckham yang menendang Diego Simeone. Tendangan usil itu dilakukan saat keduanya bertabrakan hingga tersungkur, lalu saat Simeone akan berdiri tendanganpun dilancarkan Beckham. Hal itu sedikit dimanfaatkan Diego Simeone sampai akhirnya Beckham mendapat kartu merah atas moment bisa dikatakan pelanggaran yang tidak perlu tersebut. Kejadian ini juga menjadi salah satu dari 6 moment yang tak terlupakan di Piala Dunia. Moment itu juga dianggap sebagai sumber penyebab kegagalan timnas Inggris untuk mengalahkan timnas Argentina.

 

3. Italia vs Brazil (USA 1994).

Tumpuan Asa Italia, Roberto Baggio.

sumber: soccerclassroom.com

Final Piala Dunia tahun 1994 yang mempertemukan Italia dengan tim samba Brazil menjadi moment yang tak terlupakan bagi publik Italia, Fans Italia serta khususnya tentu sang legenda Italia sendiri yakni Roberto Baggio. Final itu merupakan moment tak terlupakan sekaligus drama sepak bola yang menegangkan. Drama terjadi saat pertandingan dilanjutkan dengan adu pinalti. Dan memang Baggio menjadi tumpuan asa tim Italia yang juga menjadi suksesor tendangan penalti terakhir/penentu. Dikabarkan pada saat itu Baggio menjalani pertandingan final itu dengan kondisi cedera. Mungkin juga menjadi faktor kegagalannya saat mengeksekusi penaltinya. Tendangan Baggio melambung tinggi keatas gawang. Kejadian seperti itu mungkin sudah hal wajar dalam sepak bola kadang tepat kadang meleset. Biasa jika mungkin pertandingan persahabatan atau uji coba. Namun waktu itu merupakan pertandingan besar apalagi itu terjadi saat “ final “ Piala Dunia. Tak terbayang rasanya seperti apa. Pun demikian sang legenda Italia itu tampil gemilang pada pertandingan-pertandingan sebelumnya serta mampu menciptakan beberapa gol.

 

4. Kolombia vs USA (USA 1994).

Kolombia dan Escobar.

 

Sepak bola dulu dengan sekarang mungkin memang sedikit sudah mengalami perbedaan. Perbedaan terlihat jelas yaitu pada teknologinya yang lebih canggih dewasa ini. Untuk regulasi serta peraturan masih kebanyakan sama dengan peraturan-peraturan sebelumnya yang telah di sahkan oleh FIFA. Namun sepak bola jaman dulu sedikit memiliki arti “lebih dari sekedar sepak bola”. Yang jelas Piala Dunia mempertemukan negara satu dengan negara lainnya. Jadi tentu ada unsur gengsi, harga diri, emosional namun tentunya semua unsur itu harus masih bersifat sportif.
Namun terdengar kabar meninggalnya pemain Kolombia, Andreas Escobar yang merupakan pemain bintang sekaligus kapten timnas Kolombia di Piala Dunia USA Tahun 1994 secara mengenaskan yakni ditembak. Setelah dua minggu pertandingan atau kekalahan Kolombia ditemukan pemain bek Kolombia itu tewas. Sebelum kejadian itu, Kolombia melakoni pertandingan melawan USA di babak penyisihan Piala Dunia 1994. Tanpa sengaja Escobar melakukan antisipasi yang kurang sehingga menghasilkan gol bunuh diri. Sehingga Kolombia mengalami kekalahan. Seperti yang dilansir news.com dan banyaknya berita yang berkembang, dua minggu seusai pertandingan itu Escobar meninggal dunia dengan ditembak enam kali di kotanya sendiri, Meddelin saat keluar dari club malam. Karena kebetulan sebelumnya ada drama lapangan demikian, maka banyak yang mengkaitkan tewasnya Escobar ada hubungannya saat kejadian gol bunuh diri itu yang menyebabkan kekalahan timnas Kolombia.

 

5. Inggris vs Argentina ( Meksiko 1986 ).

Gol Tangan Tuhan.

sumber: bola.com

Siapa yang tidak mengenal Diego Maradona? Bagi pecinta sepak bola mungkin semua sudah tahu dengan sang legenda Argentina itu. Apalagi saat Maradona mencetak gol  kontroversial dengan tangannya yang sampai generasi saat ini dikenal dengan istilah “Gol Tangan Tuhan”. Berawal dari bek Inggris kala itu yang menghalau bola kurang sempurna dan malah mengarah ke arah pertahanan sendiri , kemudian Maradona dan kiper Inggris waktu itu Peter Shilton berebut bola udara. Namun alhasil Maradona berhasil menjangkaunya terlebih dahulu. Setelah terjadinya gol itu, ternyata Maradona menggunakan tangannya untuk menjangkau bola tadi. Namun gol itu telah di sahkan oleh wasit.
Diego Maradona di Argentina dan Pele di Brazil adalah sang legenda di masanya. Ibaratnya jika sekarang ialah Lionel Messi dan C. Ronaldo. Kedua bintang itu bersinar di masanya masing-masing.

 

6.  Perancis vs Italia ( Jerman 2006 ).

“Sundulan” Zinedine Zidane.

sumber: informasikepoh.blogspot.com

Bukan sundulan terhadap bola, melainkan sundulan Zidane kearah dada pemain Italia, Marco Materazzi. Moment ini yang tergolong masih fresh atau baru. Sebab moment ini masih terjadi pada Piala Dunia 2006 lalu di Jerman. Saat itu pertandingan berjalan imbang 0-0, tidak berselang lama Henry cs unggul 1-0 atas Italia yang kemudian juga di balas oleh Materazzi sendiri dengan gol sundulan kepala memanfaatkan umpan dari Andrea Pirlo. Memang pada pertandingan final ini yang menjadi aktor ialah Zidane dan Materazzi. Dua pemain itu menyumbangkan gol untuk timnya sendiri-sendiri dan selain itu menciptakan moment kontroversial yang tak terlupakan di Piala Dunia sampai sekarang ini. Saat pertandingan masih berlangsung tiba-tiba wasit menghentikan menit sementara sebab tanpa sepengetahuan Materazzi sudah tersungkur di tengah lapangan. Saat di kroscek ulang melalui teknologi kamera yang saat ini sudah maju, ternyata Zidane telah “menyundul” dada Materazzi. Dan usut punya usut, penyebab Legenda Perancis itu melakukan tindakan tersebut dikarenakan sudah tidak tahan atas ejekan Materazzi kepada ibu dan saudara perempuan Zidane. Namun untuk kebenarannya hanyalah mereka berdua yang mengetahuinya.
Itulah 6 momen tak terlupakan di Piala Dunia yang mungkin masih diingat oleh beberapa orang hingga sekarang.
Ikuti terus perkembangan berita seputar Piala Dunia 2018 Rusia dan jangan lupa follow EMrizal untuk mengetahui jadwal, hasil dan prediksi Piala Dunia 2018.