10 Kegiatan Unik Menjelang Hari Raya Idul Fitri Di Indonesia

10 Kegiatan Unik Menjelang Hari Raya Idul Fitri Di Indonesia

Juni 14, 2018 0 By emrizal

10 kegiatan unik menjelang hari raya Idul Fitri di Indonesia sudah menjadi tradisi di berbagai daerah yang mampu menyemarakkan saat hari raya umat islam itu tiba. Bagi yang mungkin tinggal di daerah pedesaan seperti saya begini, kegiatan semacam itu sudah tidak asing lagi. Sudah menjadi kebiasaan menjelang hari raya Idul Fitri untuk meramaikan suasana lebaran dengan berbagai macam kegiatan.
Sebelum membahas lebih mengenai berbagai macam jenis kegiata unik itu, mari sama-sama mengingatkan dalam hal kebaikan sebagai pembelajaran bersama.

Pengertian Idul Fitri.

Jika dlihat dari menurut istilah , Idul Fitri adalah hari raya umat islam yang jatuh pada tanggal 1 syawal dalam penanggalan hijriyah. Namun dalam pemaknaannya Idul Fitri lebih dari itu. Idul Fitri merupakan sesuatu hal yang bersifat religius dalam diri seseorang, dimana selama bulan ramadhan tiba telah digembleng , dilatih, dibiasakan menahan lapar dan haus serta kudu mengendalikan hawa nafsu. Dengan anugerah akal dan pikiran tentu setiap manusia dimampukan untuk belajar darimanapun ilmu itu dipelajari, bahkan dengan alam sang guru terbaik kehidupan juga dapat dimaknai hikmahnya tentu sebagai sarana agar lebih baik lagi dalam menjalani kehidupa kedepannya.

Baca juga: 8 Motivasi Diri Untuk Kehidupan Lebih Baik

Dengan dan tanpa menyinggung orang lain atau agama lain, kegiatan menjelang Idul Fitri ini biasa dilakukan saat lebaran hampir tiba. Tentu di daerah-daerah lain mungkin berbeda dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Dan patutnya perbedaan itu bukanlah merupakan suatu masalah karena kita sudah terbiasa berbeda. Demikianlah Indonesia yang berbhineka tunggal ika. Serta dalam ajaran agama pun telah diajarkan bahwa kita harus saling tolong menolong antar sesama manusia.

Menjelang hari raya Idul Fitri tiba seperti sekarang ini, mungkin sudah banyak melakukan berbagai macam kreasi dan kegiatan unik. Untuk itu artikel ini dibuat untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang apa saja kegiatan-kegiatan yang dilakukan menjelang Idul Fitri tiba. Berikut beberapa kegiatan itu.

10 kegiatan unik menjelang hari raya Idul Fitri di Indonesia.

1.Membeli Baju Baru.

Isul Fitri
Entah mengapa 10 kegiatan unik menjelang hari raya Idul Fitri tidak bisa dilepaskan dari baju baru. Bagi kalangan tertentu seperti saya sendiri,moment Idul Fitri sangat penting dan menarik. Hampir kebanyakan dari kita mungkin mengalaminya yaitu saat lebaran datang baju barupun datang. Bukan berarti mau membeli baju baru aja harus menunggu lebaran, namun bagi kalangan tertentu hal ini sudah menjadi kebiasaan menjelang Idul Fitri. Oleh karena itu saat menjelang lebaran, toko-toko dan mall ramai diserbu pengunjung guna membeli baju baru. Mungkin juga sebagai simbolik, “Baju baru buka lembaran baru”. Lembaran baru agar lebih baik kedepannya dalam segala hal.

2.Membuat Kue Dan Makanan.

Bagi ibu-ibu rumah tangga terkadang moment menjelang Idul Fitri begini dimanfaatkan untuk membuat kue, snack, atau makanan untuk dihidangkan saat lebaran. Sedikit banyak kita pasti menjumpai hasil kreasi atau olahan sendiri saat Idul Fitri. Entah itu dengan resep membuat donat, nastar, kue bolu, coklat, roti kacang juga berbagai makanan tradisional lainnya seperti cara membuat dodol waluh/labu jika ingin ada hidangan jenis dodol/jenang di rumah anda. Bahkan tak jarang dari para tamu yang datang lebih memilih dan menikmati makanan tradisional hasil olahan tangan sendiri itu.
Bagi anda yang berprofesi sebagai pekerja kantor maupun pabrikan, untuk yang tergolong orang sibuk seperti mereka agak jarang mungkin yang membuat sendiri di rumah. Ya dikarenakan waktu yang jarang longgar karena pekerjaan, namun kadang kala ada yang ingin berkreasi sendiri meskipun mereka itu sibuk. Namanya juga hobi. Kalau sudah hobi berkreasi pasti ada aja yang diolahnya. Untuk waktunya bisa memanfaatkan saat libur kerja menjelang hari raya Idul Fitri. Biasanya perusahaan atau kantor ada yang memberi libur sebelum hari-H, namun ada juga liburnya pas hari-H sampai H+7. Mungkin jika belum libur untuk hidangannya lebih praktis beli aja kali ya.he…he

 

Resep lain: Resep Susu Kedelai Tanpa Langu

 

3.Renovasi Rumah.

10 kegiatan unik menjelang hari raya Idul Fitri selanjutnya ialah merenovasi rumah dan menghias rumah. Tujuannya jelas untuk “mempercantik” bangunan rumah, Yang sedianya agak kurang terawat menjadi kelihatan lebih bersih dan enak dipandang mata istilahnya. Kadang kala untuk membersihkan rumah setiap hari kita sudah malas sebab aktivitas harian kita mungkin sudah padat. Juga ada yang sampai menyewa jasa kebersihan rumah. Untuk itu moment yang bisa dikatakan setahun sekali ini bisa dimanfaatkan untuk meremajakan rumah sendiri. Bisa dimulai dari membersihkan ruang tamu, halaman rumah, teras, mengecat tembok, memberi hiasan pada rumah, mengganti warna pagar besi dan sebagainya. Dan mungkin bagi yang kebetulan belum memiliki rumah sendiri, saya doakan semoga apa yang diinginkan cepat tercapai. Amin.

4.Membeli Perabotan Rumah.

Salah satu kegiatan menjelang Idul Fitri seperti ini yang juga menjadi sorotan setiap orang adalah ruang tamu. Idul Fitri merupakan moment yang mempertemukan sesama umat islam yang bertetangga utamanya untuk saling berkunjung ke rumah satu sama lain guna meminta maaf dan legowo memberikan maaf atas kesalahan setiap individu baik itu disengaja maupun yang tidak disengaja. Maka dari itu kebanyakan orang menyempatkan untuk membeli perabotan baru atau hiasan baru. Dapat diambil contoh saat menjelang Idul Fitri ada beberapa orang yang mengganti sofa atau kursi ruang tamu dengan kursi baru, ada juga yang membeli rak baru untuk ruang tamu. Semua hal itu memang pas jika dilakukan menjelang Idul Fitri tiba.

5.Menghias Jalan atau Gang.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di lingkungan atau komplek perumahan yaitu dengan kegiatan unik menghias jalan atau gang masuk lingkungan. Kegiatan menghias jalan ini sangat bervariasi. Dari yang paling sederhana hingga hiasan yang sedikit mewah. Semua kegiatan itu dilakukan untuk menambah semarak suasana Idul Fitri dari tahun ke tahun. Sehingga di beberapa daerah hal ini sudah menjadi tradisi kegiatan unik setiap setahun sekali. Hasilnyapun memang lumayan, dari yang biasanya agak sepi terlihat ramai akan hiasan yang dipasang di kanan kiri jalan itu. Pada intinya menghias jalan ini hanya sebagai sarana menyemarakkan suasana Idul Fitri dan juga bukan sebagai ajang berlebih-lebihan. Sebab berlebihan itu memang tidak dianjurkan dalam agama.
Berikut potret dari hiasan jalan tersebut.

6.Membeli Jajan Lebaran.

Tidak ketinggalan pula salah satu dari 10 kegiatan unik menjelang hari raya Idul Fitri di Indonesia yaitu jajan lebaran. Kenapa hampir bisa dipastikan setiap hari raya Idul Fitri ada jajan lebaran? Pertanyaan yang demikian sebenarnya tidak terlalu memerlukan jawaban. Karena jika sesuatu hal dan kegiatan itu di dasari dan diniati dari kebaikan, akan menghasilkan kebaikan pula selanjutnya. Dan kebaikan tidak diperlukan suatu alasan. Namun jika sedikit boleh menjawab dari pertanyaan tadi, menurut saya sendiri “kegiatan menghidangkan jajan lebaran itu termasuk merupakan suatu budaya”. Mengapa demikian? Sebab kegiatan itu untuk di daerah tertentu sudah menjadi kebiasaan saat Idul Fitri tiba. Dan sesungguhnya tidak hanya suatu kebiasaan saja, melainkan sebuah bentuk tenggang rasa sesama manusia khususnya umat islam pada moment hari raya yang bertamu dari “saudara” satu ke “saudara” lainnya. Dan sudah sepantasnya untuk memberikan hidangan seadanya kepada orang yang bertamu. Dan kegiatan itu juga termasuk sebuah kebaikan.
Jika ditarik lebih jauh kebelakang mengenai tradisi ini, kita bagi khususnya orang Jawa mungkin pernah mendengar kalimat “ mangan ndak mangan sing penting ngumpul”. Dalam pengucapan bahasa Indonesianya “makan tidak makan yang penting bisa kumpul”. Namun jika melihat dari kenyataan dalam kehidupan sehari-hari mugkin dari dulu sampai generasi sekarang ,kalimat itu bisa diartikan “ Dimana ada orang berkumpul, disitu ada makanan”. Jadi jika diartikan demikian, berarti dapat dimaknai “bilamana ada orang berkumpul, maka sebagaimana baiknya berikanlah makanan”. Dalam agama memberi sesuatu yang bermanfaat itu sama dengan sedekah. Dan sedekah juga merupakan kebaikan.

 

7.Membuat Balon Udara/Uap.

Untuk yang satu ini mungkin ada yang punya pengalaman seperti saya? Waktu masih kecil sering dulu selama puasa setelah sholat tarawih sampai sahur kegiatan yang saya lakukan bersama teman-teman sebaya waktu itu adalah di masjid. Entah itu kegiatan positif ataupun juga “main-main”. Main-main dalam artian sewajarnya usia masih bocah. Salah satu kegiatan di masjid itu ialah membuat balon udara untuk diterbangkan setelah sholat ied. Balon udara itu terbuat dari kantong plastik dengan api (lilin) sebagai perekat, kemudian umumnya bambu di lengkungkan menjadi bentuk lingkaran sebagai kerangka balon, dan beberapa kain sedikit tebal dibentuk seperti bola sebagai sumbunya (sumber energi dari uap/mega yang berasal dari sumbu). Untuk ukuran sumbunya harus menyesuaikan ukuran balonnya agar proporsional (bisa terbang). Sebab ukuran balonpun beragam. Mulai dari balon udara yang kecil-kecil sampai yang gede hampir bermeter-meter untuk tinggi dan lebarnya. Ini merupakan kegiatan yang sangat unik menjelang Idul Fitri. Dan hanya di beberapa daerah yang masih mempertahankan sejenis tradisi ini. Karena sedikit denger-denger bahwa di daerah-daerah tertentu menerbangkan balon sejenis ini nampaknya sudah dilarang. Ya, mungkin akan memicu resiko kebakaran sehingga dilarang untuk mengantisipasi itu. Intinya berpikir positif aja, segala bentuk larangan itu insyaallah sudah dalam pertimbangan yang matang. Dan yang paling utama adalah Idul Fitrinya yang harus didasari dengan keikhlasan.

8.Main Kembang Api.

Selain balon udara, terdengar selentingan kabar pula kembang api juga dilarang sekarang ini. Mungkin dilarang untuk kembang api jenis tertentu atau khususnya petasan. Sebab apa? Saya sendiri pernah menjumpai yang namanya kembang api namun lebih mengarah ke mercon/petasan. Jika dinyalakan suaranya keras sekali. Sangking kerasnya terkadang bisa bikin orang kaget. Dan jika yang demikian menurut saya memang berbahaya. Apalagi sampai di mainkan bocah-bocah yang belum dewasa.
Namun terlepas dari yang jenis berbahaya itu semua, jika untuk kembang api yang biasa dengan pengawasan orang dewasa momentnya akan berbeda dan mengurangi resiko yang tidak diinginkan. Karena saya katakan jenis kembang api biasa yang jika terkena tangan tidak sakit itu memang memberikan suasana tertentu. Terlebih jika dimainkan/dinyalakan di bulan puasa pada malam hari. Kebiasaan unik ini bisa mengingatkan waktu kecil dulu saat bermain kembang api berarti menandakan sudah masuk bulan ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri.

9.Takbir Keliling.

Salah satu kegiatan yang menjadi puncak kegiatan menjelang Idul Fitri yaitu takbir. Menyerukan kalimat takbir saat sudah ditentukan masuk 1 syawal sampai sholat ied di pagi harinya. Kegiatan takbir ini juga menandakan “kemenangan” setiap muslim yang beriman dimana setelah sebulan penuh sebelumnya hawa nafsu di bina dengan menjalani puasa ramadhan, kemudian sampailah kepada “kemenangan” yang diserukan melalui kalimat takbir. Untuk daerah – daerah tertentu, kegiatan takbir disemarakkan dengan takbir keliling. Bisa keliling kampung, keliling sekecamatan, atau dengan berbondong-bondong keliling dalam kota menggunakan mobil/pick-up untuk meluapkan kegembiraan atas kemenangan dengan rasa syukur dan kalimat takbir. Yang lebih khusuk lagi dapat dilakukan di dalam masjid atau mushola dengan ikhlas serta istiqomah. Karena setelah melalui malam takbir dan Idul Fitri, alangkah baiknya kita menuntut diri sendiri untuk lebih terarah lagi menuju kebaikan. Sehingga kehidupan kita kedepannya bisa lebih baik dan lebih baik lagi begitu seterusnya. Amin.

10.Zakat Fitrah.

Kegiatan menjelang Idul Fitri selanjutnya yakni zakat fitrah. Bisa dikatakan ini juga yang terpenting. Merupakan zakat diri setiap individu muslim yang mampu sesuai syarat islam. Besar zakat adalah 1 sha’ (kira-kira 2,7 kg makanan pokok). Dilaksanakan saat bulan ramadhan hingga sebelum sholat ied. Zakat fitrah ini juga berfungsi untuk membersihkan harta kita dari yang mendekati haram tanpa sepengetahuan kita selama mencari nafkah. Namun kegiatan menjelang Idul Fitri ini  lebih kepada makna dalam kata fitrah itu sendiri, yakni agar jiwa dan rohani kita kembali bersih dan suci seperti saat baru lahir ke dunia. Putih seperti kertas yang polos. Dan bilamana kita bisa menjaga kesucian itu sampai bertemu ramadhan dan Idul Fitri tahun berikutnya, insyaallah masuk tergolong orang-orang yang sholeh. Amin.
Mungkin di beberapa tempat masih ada lebih 10 kegiatan unik menjelang hari raya Idul Fitri di Indonesia. Jika dari anda ada yang menambahkan silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar agar saling mengetahui tradisi tiap-tiap daerah di Nusantara.
Baca juga artikel blog ini lainnya mengenai:

Follow emrizal untuk mengetahui berita dan informasi seputar dunia terupdate lainnya.
Salam sukses.