5 Kandungan Putih Telur Ayam Untuk Kehidupan

5 Kandungan Putih Telur Ayam Untuk Kehidupan

Mei 30, 2018 1 By emrizal
5 kandungan putih telur ayam untuk kehidupan.Selama ini kita sudah mengenal yang namanya telur, entah itu telur ayam, telur bebek atau telur lainnya. Dan sudah banyak pula yang telah dikonsumsi. Namun adakah diantara kalian yang sedikit memperhatikan mengenai apa yang masuk dalam mulut kita? Bermanfaatkah makanan yang kita santap bagi tubuh kita? Atau pernahkah ada yang sampai berfikir Apa saja kandungan yang ada dalam makanan yang kita makan?
Ya, mungkin sebagian besar dari kita mengetahui tentang yang sudah bersifat umum saja itu sudah cukup. Tahu soal makanan itu berminyak, makanan itu terlalu manis , yang itu gorengan. Tahu itu saja mungkin sudah bisa mengartikan makanan yang kita lihat itu mengandung apa.
Baik pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi info mengenai kandungan dari telur, atau lebih spesifiknya putih telur ayam.

Kandungan Putih Telur Ayam Untuk Kehidupan:


1. Tinggi Protein.

Kandungan protein yang terdapat pada telur sangatlah banyak. Bahkan protein yang terdapat pada putih telurnya lebih dari separuh kandungan protein pada kuning telurnya. Kandungan protein pada putih telur mencapai 4 gram. Itu tentu sangat bagus untuk kehidupan lebih sehat. Selama cara menghidangkannya tidak di goreng.

 

 

 

Manfaat protein bagi tubuh:

 

  • Membantu dalam pembentukan tulang dan otot.
  • Mampu menyimpan zat yang diperlukan tubuh.
  • Mengangkut zat atau sel.
  • Membangun dan memperbaiki jaringan.
  • Berperan dalam pertumbuhan pada anak-anak maupun orang dewasa.
  • Membuat enzim dan hormon.
  • Sebagai antibodi untuk kekebalan tubuh.
Dengan melihat banyaknya manfaat yang terkandung pada protein tentu sangatlah baik untuk tubuh dan kehidupan. Serta sudah jelas apabila kita bisa teratur mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein ini, pasti kebutuhan asupan gizi kita telah cukup terpenuhi. Juga harus diimbangi oleh makanan sehat lainnya. Sekarang makanan apa saja yang tergolong memiliki kandungan protein yang tinggi? Mari kita lihat bagan dibawah ini:

 

2. Rendah Kalori.

Telur memiliki kadar kalori yang tergolong rendah. Dikutip dari cnnindonesia berdasarkan United States Departement of Agriculture’s Food Composition Databases (USDA) bahwa telur besar mentah memiliki 72 kalori. Sedangkan telur kecil memiliki 54 kalori. Namun dari semua itu jika pengolahannya kurang baik akan menyebabkan bertambahnya kalori pada telur itu, misalnya dengan digoreng. Jadi agar tetap mengandung manfaat dan tidak berlebihan kalori sebaiknya saat dikonsumsi direbus saja. Karena efek dari kelebihan kalori juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Efek kelebihan kalori antara lain:

    1.  Dapat menyebabkan obesitas(Kelebihan berat badan).Baca juga cara mengatasi obesitas.
    2.  Memiliki resiko terkena stroke.
    3.  Menimbulkan penyakit jantung.

3. Bebas Kolesterol.

Meski pada telur utuh memang mengandung kolesterol yang cukup tinggi yaitu sekitar 200 mg lebih. Sama halnya seperti yang dilansir kolesterol.co.id yakni kolesterol pada telur ini sebesar 186 mg terdapat dari kuning telur saja, serta 1,6 mg lemak jenuh pada kuning telur juga. Namun pada kandungan putih telur termasuk bebas kolesterol dan aman untuk dikonsumsi. Sebelum sampai jauh, apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan seperti lemak yang terdapat pada sel dalam tubuh. Namun begitu ada kadar tertentu pada kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena sebenarnya ada kolesterol alami yang diciptakan dari tubuh kita sendiri. Yang penting jika mengkonsumsi tidak terlalu berlebihan kolesterol. Dan sebaiknya per harinya kurang dari 300 mg kolesterol yang masuk dalam tubuh lewat suatu makanan.
 Sedikit saya berikan gambaran lewat diagram lingkaran berikut:

4. Rendah Lemak.

Telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa telur memang mengandung cukup banyak kolesterol. Namun kolesterol itu terdapat pada bagian kuning telurnya saja. Jadi pada bagian putih telur ayam sama sekali tidak mengandung lemak atau lemak 0 gr. Sehingga bagi orang-orang yang sedang melakukan proses menurunkan berat badan berarti sangat cocok sekali untuk dikonsumsi. Dari berbagai macam telur, telur ayam lah yang bagian putihnya sama sekali bebas lemak.

 

5. Mengandung Kalsium.

 

 

Susu, keju, biji-bijian, almond, sayuran hijau, yogurt termasuk sumber makanan dengan kalsium yang tinggi dan telur termasuk salah satunya. Berdasarkan dari berbagai sumber publikasi tentang nutrisi, kandungan kalsium pada telur ini sebesar 50 mg. Yang lebih jelasnya kandungan kalsium pada telur ini terletak pada putih telurnya.
Kalsium merupakan kebutuhan yang juga penting bagi tubuh. Sejak lahir sampai dewasa bahkan sampai usia lanjut tubuh memerlukan asupan dari kalsium. Berikut untuk lebih memudahkan penjabarannya melalui diagram batang berdasarkan yang dilansir halosehat :

 

Demikian informasi singkat mengenai 5 kandungan putih telur ayam untuk kehidupan yang sedikit demi sedikit kita ketahui bersama. Pada intinya putih telur sangatlah direkomendasikan kepada anda yang sedang menjalani proses menurunkan berat badan atau sedang dalam proses membentuk badan berisi dan kekar bagi laki-laki.
Like dan share apabila atikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa follow divisiinfo untuk mengetahui berita dan informasi lainnya. atau follow:
Salam sukses.